webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Kiat Sukses Soegiono, Mantan Rektor ITS
27 Februari 2017 15:37:17
<br /> Sebuah kesuksesan tidak dapat diukur dari angka-angka yang tertera di selembar kertas. Makna kesuksesan adalah hasil pencapaian dari perjuangan. Berbagai pengalaman hidup meninggalkan pelajaran tersendiri bagi Prof Ir Soegiono. Rektor ITS  periode 1995-2003 tersebut tak pelit berbagi kiat suksesnya.
Kampus ITS, ITS Online -
Pendiri Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) tersebut menanamkan 3C dalam dirinya. Yakni Competence, Confidence, danCommunication. Dari ketiganya, Conficende dan Communication lebih dibutuhkan di lapangan daripada Competence. Menurut Soegiono, kompetensi yang digunakan di lapangan hanya sekitar 20 persen. "Yang penting itu percaya diri dan komunikasi. Kamu pinter setinggi langit, tapi kalau tidak bisa berkomunikasi ya percuma," jelasnya.

Dibandingkan zamannya dulu, teknologi saat ini jauh lebih lengkap dan lebih baik. Dulu, kata Soegiono, tak ada komputer, printer, laptop, maupun internet seperti sekarang. "Kesempatan ada pada diri anda sendiri. Manfaatkan dengan baik semua itu. Kan informasi sudah melimpah ruah. Ya tinggal kita mau apa tidak," terang bapak lima anak tersebut.

"Kamu jangan jadi Yes-man yang selalu mengikuti apa kata atasan. Kamu harus punya prinsip sendiri dalam hidupmu," ucap kakek 12 cucu tersebut. Setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Sehingga Soegiono sendiri tak ingin menjadi follower. Jika tak ada orang yang mau bergerak, maka ia akan berusaha bergerak sendiri.

Dalam soal pendidikan, ia ingin anak-anaknya menabung banyak pengalaman seperti dirinya. Kelima anaknya yang mengenyam pendidikan sarjana dimintanya untuk menjajal lanjut S2 serta S3 di belahan bumi yang lain. "Kalau S1, S2, S3 di Indonesia terus itu pengalaman yang didapat ya itu-itu aja. Beda halnya ketika kita S2 di luar negeri, pasti banyak hal baru yang bisa kita pelajari," tuturnya.

Terakhir, Soegiono memiliki kebiasaan baik yang telah menjadi rahasia umum. Yakni bangun pagi-pagi sebelum matahari terbit, serta tidak tidur di waktu maghrib. "Saya suka jalan pagi dan berkebun. Kalau pagi gitu saya suka keliling perumdos sekitar setengah jam sambil menghirup udara segar," pungkasnya. (mbi/ven)

Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :