webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Orangtua, Alasan Mawapres Ini Raih Berbagai Kejuaraan
18 Maret 2017 09:16:58
Siapa sangka Muhammad Syaifuddin Zuhri, Juara I Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dari Program Studi Diploma merupakan anak dari seorang petani sekaligus guru SMP. Kendati tak pernah terlintas di benaknya untuk menjadi Mawapres, mahasiswa Diploma IV Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS), Fakultas Vokasi ITS tersebut selalu raih juara di setiap kompetisi bidang ketekniksipilan.
Kampus ITS , ITS Online - Ifud, sapaan akrabnya, merasa bangga atas prestasi yang diraihnya. "Alhamdulillah saya merasa bangga, karena dapat membanggakan orang tua. Serta dapat membuktikan bahwa prestasi bisa datang dari mana saja. Selagi kita terus berusaha. Dan semoga ini memberikan manfaat bagi orang lain, bangsa dan negara," ungkap mahasiswa asal Lamongan ini.

Ia ingin mengharumkan nama ITS dan membuat almarhumah ibunda tercinta tersenyum di sana. "Semua hasil yang telah saya capai adalah berkat dukungan dan doa dari orang tua, terutama ibu saya yang telah tiada. Serta dosen-dosen di jurusan, dan juga teman-teman," lanjutnya.

Meski kehidupan di kampus ITS menyita banyak waktu, Ifud justru merasa tertantang untuk aktif di kegiatan lain seperti lomba, kepanitiaan, dan organisasi. Ia pun membuktikannya dengan aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Diploma sipil. 

Dirinya juga aktif dalam beberapa kepanitiaan, di antaranya D'Village dan ITS Expo. Selain itu, alumnus SMAN 2 Lamongan ini memulai debut kejuaraannya dengan menjadi finalis lomba karya tulis ilmiah di Universitas Gadjah Mada. 

Berkat kerja kerasnya, pria yang menyukai dunia karya tulis sejak SMA ini pada akhirnya berhasil menyabet sederet kejuaraan tingkat nasional secara beruntun di setiap kompetisi. Seperti Juara 2 Lomba Karya Tulis Civil Expo Universitas Negeri Jakarta, Juara 1 Lomba Inovasi Bahan Bangunan Institut Pertanian Bogor dan masih banyak lagi.

Yang paling bergengsi, anak sulung dari dua bersaudara ini berhasil mewujudkan mimpinya ketika masih menjadi mahasiswa baru. Yakni mengikuti Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KJI-KBGI) dan lolos pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS). 

"Impian tersebut tercapai pada tahun 2016, menjadi finalis PIMNAS di Bogor, dan membawa ITS menjadi juara umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI)," terangnya penuh syukur.

Ifud berharap dapat menjalankan amanah sebagai Mawapres dengan baik dan lancar. "Intinya harus tetap semangat berprestasi. Dengan niat ibadah mencari ridha-Nya. Selalu lakukan yang terbaik di setiap kesempatan. Karena kesempatan mungkin tidak datang dua kali. Dan jangan lupa selalu bersyukur," pungkasnya.

Sementara itu, melihat banyaknya prestasi yang diraih oleh mahasiswanya, Dr Machsus ST MT, Kepala Departemen Teknik Infrastruktur Sipil berharap sosok Ifud dapat dicontoh oleh adik-adik angkatannya. 

"Ifud merupakan mahasiswa yang mengharumkan Fakultas Vokasi sebagai fakultas baru di ITS, dengan sederet prestasi pada berbagai kompetisi," ungkap dosen yang memiliki perhatian terhadap pembinaan kemahasiswaan itu. (mbi/hil)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :