webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
ITS Pamer Mobil Irit Sapuangin XI Evo 1; Kecepatan Maksimal 60 KM/Jam, Bahan Bakar 249 KM /Liter
12 Maret 2017 15:37:14
<br /> SURYA.co.id | SURABAYA - ITS bersama Tim Sapuangin memamerkan mobil irit tingkat dunia generasi ke-11. Tim menyebutnya Sapu Angin XI Evo 1.
http://surabaya.tribunnews.com/2017/03/12/its-pamer-mobil-irit-sapuangin-xi-evo-1-kecepatan-maksimal-60-kmjam-bahan-bakar-249-km-liter -
Mobil yang masih berupa prototipe dengan mesin diesel ini dipamerkan di hadapan sejumlah tamu, pihak ketiga, mantan rektor dan para alumnus di depan Kantor Dishub Jatim, Jl A Yani frontage Road, Minggu (12/3/2017).

Mobil desainnya terinspirasi dari tetesan air ini akan diadu dengan mobil irit seluruh Asia di Singapura. Shell Eco Marathon Asia 2017.

Adu mobil irit itu akan digelar pada 16-19 Maret 2017 di Singapura. Tahun lalu di ajang yang sama di Filipina, Sapuangin tampil sebagai juara.

''Kami pastikan bahwa mobil generasi terbaru Sapuangin XI ini mampu menempuh jarak 249 KM/liter solar,'' terang General Manajer Sapu Angin, Agus Fuad, mahasiswa semester 8 Teknik Mesin ITS.

Hasil itu diyakini akan mampu menungguli mobil-mobil lain seluruh Asia. Sebulan lalu, Sapuangin berhaisl diujicobakan di Kenjeran.

Sapuangin merupakan generasi mobil hemat bahan bakar yang diinisiasi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITS. Tim ini bermula dari keikutsertaan di Shell Eco-marathon (SEM) Asia pada tahun 2010. Sapuangin selalu juara.

''Kami bangga memiliki ITS. Bangsa juga bangga ITS terus juara. Mudah-mudahan di Singapura juara lagi,'' sambut Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul saat meluncurkan Sapuangin XI Evo 1.

Bersamaan Peluncuran generasi terbaru Sapuangin itu juga dilantik IKA ITS Pengurus Wilayah Jatim periode 2016-2020. Wahid Wahyudi (Kepala Dishub Jatim) sebagai Ketua IKA ITS Jatim.

Hadir dalam peluncuran mobil hemat energi itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdaprov Jatim, Fattah Jasin, Ketua Majelis Wali Amanah ITS, Prof Mohammad Nuh, Ketua IKA ITS pusat, Dwi Soetjipto, Rektor ITS, Prof IJoni Hermana, pihak ketiga dan segenap civitas akademika ITS.

Gus Ipul berharap inovasi ITS bisa memberi kontribusi lebih untuk Jatim. Kampus ini harus mampu membuat Grand Design sistem Transportasi masa depan Jatim.

Diperlukan waktu enam bulan untuk merancang bangun Sapuangin XI. Mobil dengan kecepatan maksimal 60 KM/jam ini diadopsi dari mobil mesin genset.



Sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2017/03/12/its-pamer-mobil-irit-sapuangin-xi-evo-1-kecepatan-maksimal-60-kmjam-bahan-bakar-249-km-liter

Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :