webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Mahasiswa ITS Ciptakan Kapal Pembersih Sampah
19 Maret 2017 17:35:49
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah Internasional. Gagasan Water Cleaner Boat berhasil mengantarkan Mahasiswa ITS meraih Merit Award dalam acara tahunan Green Wave Environmental Care Project Competition, Jumat (17/3).
Kampus ITS, ITS Online - Berawal dari kegelisahan tentang persoalan sampah laut yang tak kunjung menemui penyelesaian, membuat tiga mahasiswa ITS menggagas ide untuk membangun kapal yang dapat menyaring sampah-sampah yang berserakan di Laut. Hal tersebut bertujuan untuk melestarikan ekosistem laut yang kian hari, kian tercemar oleh polusi sampah.

Mereka adalah Ryan Rachman, Efita Nona Gassani dan Stevanus Arie Nugroho. Mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan ini berhasil merancang sebuah kapal yang mampu membersihkan air laut dari polusi sampah.

Water Cleaner Boat, merupakan kapal yang mampu menyedot sampah yang ada di laut dan juga mengurangi kandungan minyak yang terdapat dalam air laut. Stevanus Arie Nugroho menjelaskan, kapal tersebut mampu menyedot air laut beserta sampahnya ke tempat penampungan dalam kapal.

Lalu, air laut disaring dengan cara memasang jaring - jaring dan trash bag agar dapat memisahkan air dan sampah plastik. Sampah akan tertahan pada jaring - jaring trash bag, sedangkan air akan terus dialirkan ke tahap berikutnya.

"Selanjutnya, air yang bebas dari sampah plastik akan dialirkan ke oil water separator," ujar mahasiswa Departeman Teknik Perkapalan ini. Oil Water Separator bertugas untuk memisahkan antara minyak yang terkandung dalam air laut dengan air laut.

Ia mengaku memanfaatkan perbedaan massa jenis antara minyak dan air laut. Sehingga, air laut yang terkontaminasi minyak dapat dipisahkan, lalu air laut yang telah bebas dari pengotor akan dikembalikan lagi ke laut.

Ia berharap, kapal yang berhasil dirancang dapat direalisasikan di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak. "Kapalnya berupa kapal nelayan atau perahu pun bisa," tutur Ryan.

Sehingga, Tak heran bila dalam acara yang bertajuk Green Wave Environmental Care Project Competition yang diadakan oleh Sembcorp Marine Singapore, mereka berhasil meraih Merit Award.

Stevanus menuturkan masih terus melakukan pengembangan guna menyempurnakan Water Cleaner Boat ini. "Oil Water Separator-nya masih kami kembangkan agar dapat lebih baik," tutur pria yang akrab disapa stevanus ini. (bal/hil)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :