webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Pelajaran Berharga dari Wisudawan Tertua ITS
19 Maret 2017 17:51:38
<br /> Sebanyak 1437 mahasiswa menyandang gelar wisudawan pada Wisuda 115 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mereka berasal dari Program Studi Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Kali ini terdapat salah satu wisudawan yang menyandang gelar sebagai wisudawan tertua, Sabtu (18/3)




Gedung Grha Sepuluh Nopember ITS -
Adalah Dicky Imam Wahyudi, Wisudawan dari S3 Departemen Teknik Sipil, yang berhasil menyelesaikan studinya pada usia 58 tahun lebih 1 bulan. Mengulas konstruksi rangka beton pra cetak yang tahan gempa sebagai bahan disertasi, pria yang juga dosen di Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS tersebut akhirnya menyandang gelar sebagai seorang doktor.

Doktor yang mengambil program studi rekayasa struktur ini membutuhkan waktu yang tak singkat demi menyandang gelarnya. "Terhitung saya menghabiskan waktu sekitar 8,5 tahun dengan satu tahun masa cuti untuk menyelesaikan pendidikan ini. Perjuangan yang sangat panjang," terangnya sembari tertawa

Pria yang menyelesaikan studi sarjananya di ITS 30 tahun silam ini memaparkan rahasianya untuk tetap menyelesaikan studi doktornya meski usia tak lagi muda. Ia yakin, selama kakinya masih bisa melangkah maka ia akan terus berusaha. "Keputusan ada di tangan Tuhan, yang terpenting saya sudah berbekal keyakinan dan pengharapan terbaik," tambahnya.

Mahasiswa yang berkesempatan merasakan tiga kali pergantian rektor ini mengaku meski disibukkan dengan jadwal mengajar yang padat dan peran sebagai seorang ayah, ia tak pernah menyerah pada suatu kesulitan. "Karena kita memiliki kewajiban untuk mengakhiri apa yang telah kita mulai," tuturnya.

Diakhir wawancara bersama ITS Online, ia berpesan untuk tetap berjuang meningkatkan keilmuan diri. "Jangan sampai ada kata menyerah atau berhenti mengembangkan ilmu. Saya saja bisa menyelesaikannya meski sudah tak lagi muda," tutupnya sambil mengulas senyum (lys/ven)






Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :