webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Kini Belajar Bahasa Arab Makin Dekat
19 April 2017 21:05:04
<br /> Di era global seperti saat ini, menguasai bahasa ibu saja tidaklah cukup untuk menjadi bekal nilai tambah di dunia pekerjaan. Berdasarkan data yang dilansir Forbes, pada 2015 National Association of Colleges and Employers (NACE) kemampuan berkomunikasi yang baik, termasuk menguasai bahasa asing,  berada di posisi ketiga dalam sepuluh keterampilan yang paling dicari perusahaan dari Pelamar. Menanggapi hal tersebut, UPT Bahasa dan Budaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menghadirkan kursus bahasa Arab sebagai warna baru dalam layanan bahasa asingnya, Selasa (18/4).




UPT Bahasa dan Budaya ITS -
Dikatakan oleh Ratna Rintaningrum SS MEd, Kepala UPT Bahasa dan Budaya ITS, kursus bahasa Arab sendiri hadir sebagai pelengkap dari layanan kursus bahasa asing lain yang telah disediakan oleh UPT Bahasa dan Budaya ITS. "Berangkat dari animo mahasiswa yang cukup tinggi. Akhirnya kami berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkannya," tuturnya.

UPT Bahasa dan Budaya ITS sendiri sangat serius untuk menghidupkan kembali program yang telah vakum sejak 2012 lalu ini, salah satunya dengan menggandeng lulusan Al-Azhar sebagai pengajar. "Selain itu, beberapa waktu lalu utusan dari Raja Arab juga telah meninjau UPT Bahasa dan Budaya ITS terkait bantuan pengembangan bahasa Arab di ITS," tambah Ratna, sapaan akrabnya.

Seperti program layanan bahasa asing lain yang ditawarkan oleh UPT Bahasa dan Budaya ITS, kursus bahasa arab ini nantinya juga akan dilengkapi dengan kelas memasak masakan khas Arab Saudi, pengenalan tentang pakaian adat, dan budaya-budaya terkait negara yang terkenal akan minyaknya tersebut. "Sesuai dengan keberadaan UPT Bahasa dan Budaya ITS sendiri yang tidak hanya mengajarkan bahasanya namun juga memperkenalkan budaya negara tersebut," imbuh wanita berkerudung ini.

Arabic Corner dan Arabic Zone juga telah disiapkan UPT Bahasa dan Budaya ITS sebagai penunjang kursus bahasa arab ini sendiri. Ratna memaparkan, arabic corner diharapkan dapat menjadi sarana peserta berdiskusi seputar isu global. Sedangkan, arabic zone nantinya akan difungsikan sebagai tempat tadarus Al-Qur'an bersama.

Di akhir wawancara bersama ITS Online, Ratna berharap kedepannya kehidupan berbahasa di ITS semakin membumi. "Supaya tidak bahasa Indonesia saja yang masuk ke telinga kita setiap harinya," pungkasnya. (lys/ven)






Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :