webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Kapal Wisata Telkomsel Jadi Kado Istimewa HJKS
31 Mei 2017 14:49:03
Surabaya, beritasurabaya.net - Tepat di Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) tahun ke-724, Rabu (31/5/2017), kota ini mendapat kado istimewa dari Telkomsel. Kado istimewa itu berupa 1 unit Kapal Wisata yang bisa digunakan masyarakat umum berwisata air menyusuri Kalimas.
http://www.beritasurabaya.net/index_sub.php?category=25&id=18665 -

Kado istimewa karya anak bangsa ini diserahkan langsung oleh Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Ririn Widaryani kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Rabu di Taman Prestasi, Kalimas Surabaya, pukul 15.00 WIB. Penyerahan kado istimewa ini disaksikan oleh pembuat kapal yakni Prof Dr Ir Eko B Djatmiko Msc dari Fakultas Kelautan sekaligus ketua tim pengerjaan kapal dari ITS yang didukung oleh Telkomsel.

Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Ririn Widaryani mengatakan, kapal wisata ini diberi nama Sawunggaling Surya Transport. Nama kapal wisata berkapasitas 10 orang ini terinspirasi dari kehebatan tokoh legendaris Surabaya di masa lalu yakni Tumenggung Raden Mas Ngabehi Sawunggaling.

''Kehebatan tokoh Sawunggaling sebagai Adipati Surabaya di masa lalu, diharapkan, akan terus diingat oleh arek-arek Suroboyo. Itu sebabnya, kapal ini dinamakan dengan nama ''Sawunggaling Surya Transport''. Sambil berwisata, para penumpang bisa mendapatkan cerita kehebatan tokoh legendaris Kota Surabaya,''ujar Ririn.

Ririn menegaskan wisata air di Kota Surabaya perlu digalakkan. Fasilitas pendukung sudah tersedia dan keindahan Kota Surabaya juga asyik dinikmati di sepanjang menyusuri sungai dengan kapal wisata maupun perahu.

Ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar Surabaya. “Selama ini, Surabaya lebih didominasi wisata belanja, wisata pendidikan dan wisata religi. Dengan dukungan Telkomsel, kami optimis, ke depan wisata air Kota Surabaya bisa menjadi jujugan wisatawan domestik maupun mancanegara, seiring dengan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana,”tukasnya.

Bantuan Kapal Wisata dari Telkomsel untuk Kota Surabaya ini, jelas Ririn, melengkapi wisata air Kalimas yang sangat bersih dan tertata rapi. Kehadiran Kapal Wisata “Sawunggaling Surya Transport”, makin melengkapi sarana untuk berwisata.

Ide menyumbang Kapal Wisata ini, kata Ririn, sebenarnya muncul dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini . Saat itu, Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini menceritakan kalau kondisi sungai-sungai di Surabaya jauh lebih bersih dan indah dibanding tahun-tahun lalu. Dan Wali Kota Surabaya menanyakan kontribusi Telkomsel untuk keindahan dan kebersihan sungai di Surabaya, apa ?

''Untuk wisata darat, Telkomsel sudah menyumbang satu unit bus wisata. Masyarakat bisa berkeliling kota menikmati keindahan dan kebersihan Kota Surabaya. Sekarang, Telkomsel menyumbang Kapal Wisata, jadi masyarakat juga bisa menikmati keindahan Kalimas yang semakin tertata rapi dan bersih air sungainya. Dan inilah jawaban Telkomsel sebagai kado Kota Surabaya,''ungkap Ririn.

Kapal Wisata ''Sawunggaling Surya Transport'', jelas Ririn, memiliki beberapa keistimewaan. Kapal ini menggunakan tenaga surya, dashboard touch screen serta dilengkapi beberapa sensor suhu udara, sensor PH Air. Untuk tenaga surya-nya sendiri bisa disimpan di baterai sebagai cadangan.

Kapal Wisata dibuat dari bahan fiberglass dengan total waktu pembuatan selama 6 bulan. Kapal Wisata ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 700 juta. (noer soetantini)

 

Sumber : http://www.beritasurabaya.net/index_sub.php?category=25&id=18665
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :