webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Ciptakan Inhibitor Korosi dengan Daun Bambu Kuning
13 Juli 2017 10:02:53
Daun bambu kuning sepintas terlihat sama dengan daun bambu biasanya. Namun, tidak bagi lima mahasiswa Departemen Kimia. Ditangan mereka, daun bambu kuning dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat yakni sebagai penghambat korosi bagi stainless stell.
Kampus ITS, ITS Online - Adalah Mitha Ocdyani M , Tri Adi Setiawan, Rahadian Abdul R, Agung Bagus P, dan Ulva Tri Ita M, yang menciptakan ekstrak selulosa daun bambu menjadi inhibitor korosi pada stainless menggunakan metode pickling. Metode Pickling ialah metode untuk mengupas korosi yang terjadi pada stainless stell dengan menggunakan asam kuat atau basa kuat.

"Jika hanya menggunakan basa atau asam kuat dapat menyebabkan korosi berlanjut, sedangkan dengan selulosa daun bambu kuning dapat menghambat korosi dan tidak menyebabkan korosi berlanjut," ujar Mitha Ocdyani M, ketua Tim PKM tersebut. Bahaya yang terjadi jika korosi berlanjut ialah akan mempermudah stainless keropos, bocor, bahkan menimbulkan ledakan.

Mitha menjelaskan,  berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan didapatkan bahwa daun selulosa kuning  dapat menghambat korosi lebih efisien. "Jika dibandingkan antara asam kuat HCl dengan ekstrak daun bambu kuning maka didapatkan hasil bahwa daun bambu kuning memiliki tingkat efisien lebih tinggi yakni sebesar 52 persen," jelas mahasiswi angkatan 2014 tersebut. 

Meski begitu, dalam tahap pengujian di laboratorium, Mitha dan tim memiliki kendala dalam mengerjakan penelitian ini. Mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena harus mengkaratkan terlebih dahulu barang–barang yang terbuat dari stainless, kemudian digunakan sebagai bahan uji coba. Meski begitu, Ia dan tim tetap berusaha melakukan uji coba tersebut dengan baik.

Di akhir, Mitha menuturkan bahwa daun bambu kuning merupakan tumbuhan yang mudah didapatkan, murah , dan ramah lingkungan. "Solusi daun bambu kuning ini juga bisa mengatasi masalah lingkungan dan ekonomi perusahaan yang membutuhkan inhibitor korosi pada stainless," ucapnya. (jel/hil)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :