webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Ini Peran Geosaintis di Industri Migas
10 September 2017 09:28:39
Industri Minyak dan Gas (Migas) selalu identik dengan peranan geosaintis di dalamnya. Student Chapter Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar seminar bertajuk Career Path JCM Goes to ITS. Seminar tersebut membahas tentang peranan geosaintis di industri Migas, Sabtu (9/9).
Departemen Fisika ITS, ITS Online - Bertempat di Departemen Fisika ITS, Citra Nurwani ST, pemateri seminar menyebutkan bahwa seorang geosaintis dalam industri Migas akan banyak berperan dalam kegiatan hulu migas. "Hulu migas terdiri dari kegiatan eksplorasi, eksploitasi, kemudian lifting (pengagkatan, red)," tutur Citra, sapaan akrabnya.

Explorasi sendiri merupakan tahap awal yang bertujuan untuk menemukan sumur minyak dan gas yang memiliki kemungkinan mengandung minyak dan gas bumi. Sedangkan exploitasi ialah rangkaian atau proses selanjutnya setelah ditemukan ladang yang mengandung minyak dan gas bumi di dalamnya. Kemudian lifting merupakan proses pengangkatan minyak dan gas bumi.

"Dalam eksplorasi, ada tiga tahapan yang dilakukan. Yang pertama Penentuan Status Eksplorasi (PSE). Disusul dengan Pra Plan of Developmen (POD) dan yang terakhir adalah POD yang merupakan Evaluasi kewajaran biaya pengembangan dan keekonomian," tutur wanita yang sedang berkarir di divisi eksplorasi SKK Migas tersebut.

Menurut Citra, ada dua kemampuan utama yang diperlukan untuk bekerja di bidang Migas yaitu analisis serta evaluasi  prospek migas dan softskill . "Di dunia kerja, kita tidak hanya menghadapi alat laboratorium atau benda mati. Kita akan bertemu banyak orang. Sehingga softskill disini sangat penting," tuturnya bersemangat.

Mengakhiri presentasinya, Citra menekankan sekali lagi pentingnya seorang geosaintis. "Seorang geosaintis merupakan tombak dalam penemuan cadangan baru. Saya berharap para geosaintis muda dapat mengembangkan dirinya sehingga nanti bisa berperan dalam industri maupun untuk negara," pungkasnya. (id/hil)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :