webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










It is not how much money you make that ultimately makes you happy. It is whether or not your work fulfills you (anonymous)
Kado Indah Buat Jurusan Teknik Industri
27 September 2012 15:34:39
Setelah 27 tahun berdiri, tahun ini Jurusan Teknik Industri (JTI) ITS memperoleh giliran untuk mempunyai gedung kampus yang permanen. Rabu, (26/9) telah dilakukan tiang pancang pertama gedung baru JTI yang terletak di dekat gedung Jurusan Teknik Material dan Metalurgi (JTMM). Acara dihadiri oleh para pimpinan ITS, dosen, karyawan dan perwakilan mahasiswa JTI.
Kampus ITS, ITS Online - Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono, DEA dalam sambutannya mengatakan bahwa cita-cita JTI untuk mempunyai gedung kampus permanen akhirnya terwujud. Pembangunan gedung utama tahun ini akan dilanjutkan pembangunan gedung laboratorium JTI tahun depan bersamaan rencana pembangunan FTI Tower 11 lantai yang terletak di antara gedung JTI dan JTMM.

Menurut Tri Yogi, tahun ini pembangunan gedung-gedung baru di ITS agak sedikit terlambat dari rencana semula karena "tanda bintang" pada anggaran yang diajukan, baru dicabut bulan Juli 2012.

Bagi JTI, pendirian gedung kampus ini mengakhiri masa penantian yang sangat panjang, mengingat jurusan-jurusan lain yang berdiri bersamaan JTI seperti Teknik Informatika dan Statistik, ataupun yang berdiri belakangan seperti Teknik Geomatika dan Perencanaan Wilayah Kota sudah lama mempunyai gedung kampus permanen.

Ir Sritomo Wignjosoebroto MSc sebagai salah satu pendiri JTI dalam pesan elektroniknya berkomentar, "Alhamdulillah. Kalau dihitung sejak  berdiri tahun 1985 sampai dengan kelak yang baru ini, JTI telah mengalami menghuni "kampus baru" paling tidak sebanyak 5 kali. Artinya JTI mengalami "nomaden" berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain," tambah dosen senior JTI yang kerap dipanggil Momok tersebut.

Kampus JTI yang pertama adalah di area D, di Jurusan Teknik Mesin pada era tahun 1985-1989. Sejarahnya, JTI merupakan pengembangan dari bidang studi Manajemen Produksi yang berada dalam Jurusan Teknik Mesin. JTI bahkan pernah berkampus di Bengkel ITS, di dekat Keputih.

Tanggal 3 November yang akan datang, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) berencana mengadakan reuni mengundang para alumni JTI untuk "Kembali ke Bengkel", mengingat masa-masa indah di kampus bengkel yang sederhana tapi mengesankan. Reuni tersebut sekaligus untuk memperingati 25 tahun berdirinya HMTI dan untuk melepas Momok yang akan memasuki masa purna tugas bulan Oktober ini.

Acara yang pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan Gugur Gunung 4.0 tersebut akan dimulai dengan menanam bibit-bibit pohon di lokasi gedung baru JTI. Suatu kado yang indah buat JTI.(*/bch)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 1 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :