webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










It is not how much money you make that ultimately makes you happy. It is whether or not your work fulfills you (anonymous)
Perpanjang Akreditasi Institusi, ITS Tunggu Visitasi
10 April 2013 17:14:33
Daftar nama perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A telah dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Namun, daftar tersebut menjadi pertanyaan banyak orang. Sebab, tidak ada nama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di sana. Padahal, masa berlaku akreditasi institusi telah habis pada 7 maret 2013 lalu.
Kampus ITS, ITS Online - Masa berlaku akreditasi A yang disandang ITS sejak 7 Maret 2008 silam telah berakhir pada 7 Maret 2013. Namun, jauh hari sebelum masa berakhirnya, tim akreditasi ITS telah mengirimkan dokumen permohonan reakreditasi (akreditasi ulang, red) institusi kepada BAN-PT. ''Kita telah mengirimkan sejumlah dokumen persyaratan kepada BAN-PT sejak 22 januari 2013 lalu,'' jelas Prof Dr Ing Herman Sasongko, Pembantu Rektor I ITS.

Dikatakan Herman, tidak benar terjadi keterlambatan pengiriman dokumen kepada BAN-PT sebab ITS telah mengirimkan dokumen dua bulan sebelum masa berakhirnya akreditasi. Hal ini dikarenakan ITS ingin menyampaikan data pendukung yang lebih lengkap. ''Cukup disayangkan jika data-data pendukung yang telah dicapai oleh ITS tidak disampaikan kepada BAN-PT,'' ujarnya.

Dalam penjelasannya, data pendukung tersebut berupa capaian prestasi bidang kemahasiswaan, pemberdayaan program pascasarjana, penelitian, pembaruan sistem dan teknologi informasi. Bahkan, jumlah kerja sama internasional yang secara signifikan dapat meningkatkan publikasi internasional juga turut dilampirkan.

Di samping itu, rencana strategis (renstra) ITS akan turut disampaikan saat visitasi dari BAN-PT. Dokumen yang diserahkan ke BAN-PT terdiri atas dokumen borang, dokumen evaluasi diri, dan dokumen lampiran yang masing-masing berjumlah enam berkas. Serta, enam keping DVD dokumen pendukung.

Setelah seluruh dokumen dikirimkan ke BAN-PT tersebut, ITS tinggal menunggu proses visitasi untuk menentukan status akreditasi yang berhak disandang ITS ke depannya. Menurut Herman, seharusnya BAN-PT melakukan visitasi pada bulan Febuari. Namun hingga saat ini, ITS belum mendapat pemberitahuan jadwal visitasi yang akan dilakukan oleh BAN-PT.

Menurutnya,  keterlambatan visitasi dari BAN-PT dikarenakan anggaran yang dialokasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terbatas. Bahkan, sampai April ini tidak ada kegiatan akreditasi karena dananya belum turun.

Sementara itu, menanggapi perguruan tinggi lain yang telah terakreditasi pada 2013 ini, Herman mengatakan bahwa perguruan tinggi lain telah mengirimkan dokumen di akhir 2012 sehingga hasil akreditasi telah keluar. Sementara ITS mengirimkan pada Januari lalu. Untuk itu, berdasarkan rilis program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) pada akhir Februari lalu, ITS belum tercantum masuk dalam daftar perguruan tinggi yang terakreditasi A karena memang belum memperoleh hasil penilaian visitasi.

Walaupun demikian, ITS telah melakukan akreditasi program studi. ''Seluruh jurusan di ITS telah terakreditasi dengan rincian 86 persen terakreditasi A, sisanya terakreditasi B, empat program studi (prodi) mengunggu visitasi, dan tiga prodi menunggu hasil visitasi dari BAN-PT,'' jelasnya.

Untuk itu, Herman berharap agar seluruh sivitas akademika ITS bersama-sama menyukseskan visitasi dari BAN-PT. Pengajuan permohonan usulan akreditasi institusi ini merupakan yang kedua bagi ITS. ITS sendiri menerima akreditasi A pada 7 maret 2008 silam dan berakhir 7 maret 2013 lalu. ''Kita belum divisitasi oleh BAN-PT, mari bersama-sama menyukseskan akreditasi ITS,'' pungkasnya. (ady/esy)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :