webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










It is not how much money you make that ultimately makes you happy. It is whether or not your work fulfills you (anonymous)
Gratis, Sotware Berlisensi untuk Akademisi ITS
25 April 2013 21:01:11
Kini, dosen dan karyawan ITS tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli lisensi software untuk keperluan aktivitas pendidikannya. Mahasiswa ITS pun bisa terhindar dari kepemilikan software ilegal. Sekarang sebagian besar software yang diperlukan untuk menunjang kegiatan akademis sudah tersedia gratis di unduh.its.ac.id.
Kampus ITS, ITS Online - Dalam jangka panjang, Badan Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI) ITS akan terus menyediakan software untuk penunjang kegiatan Tri Darma perguruan tinggi di ITS, baik software berlisensi maupun non lisensi. Seluruh sivitas akademika ITS bebas menikmati berbagai software yang disuguhkan.

Sejak Maret kemarin, terdapat beberapa perubahan yang dilakukan oleh BTSI. Arief Rahman ST MSc, Kepala Pusat Pengelolaan dan Pelayanan TIK ITS, menjelaskan bahwa situs penyedia paket Microsoft yang semulanya dari situs mca.its.ac.id diganti menjadi ovs.its.ac.id. 

Begitu juga dengan paket software yang tersedia, dari yang semula hanya ada paket Microsoft Campus Agreement, sekarang tersedia paket software lainnya. ''Saat ini terdapat empat paket berlisensi yaitu, Microsoft Open Value Subscription for Education, Mathematica 9.0, Minitab 16.0, dan Matlab R2013,'' lanjut Arief. Semua paket tersebut dapat diunduh di unduh.its.ac.id. Sedangkan untuk paket Microsoft Open Value Subscription for Education merupakan pembaruan dari paket Microsoft Campus Agreement.

Untuk mengaksesnya, warga ITS tinggal menggunakan login dan password akun ITS masing-masing. Tentunya lewat jaringan lokal ITS. Untuk saat ini, hanya dosen dan karyawan ITS yang bisa menggunakan paket Microsoft Open Value for Subscription. Mahasiswa belum bisa mengaksesnya. Meskipun begitu, mahasiswa akan diarahkan untuk menggunakan paket Microsoft lainnya, Dreamsparks. ''Rencananya, paket ini bisa diakses oleh mahasiswa pada Juli nanti,'' tutur Dosen Teknik Industri ini.

Untuk sekarang, masing-masing paket ini masih dibatasi penggunaannya. Mathematica 9.0, terbatas untuk 30 active users. Sedangkan Minitab 16.0 dan Matlab R2013 tersedia untuk 45 dan 5 active users saja. 

Walau paket yang tersedia terkesan masih beberapa, namun untuk ke depannya produk-produk software terbaru yang dibutuhkan bagi mahasiswa akan ditambahkan. Seperti Autocad: Qcad dan software open source seperti produk Linux, Linux Mint dan Ubuntu. ''Tunggu saja nanti,'' tuturnya.

Terlepas dari itu, lanjut Arief, layanan perangkat lunak berlisensi ini diharapkan dapat mendukung kegiatan Tri Dharma di ITS khususnya dalam hal publikasi ilmiah. Karena secara tidak langsung, penggunaan software dalam publikasi ilmiah dilindungi oleh lisensi ini. 

Sivitas akademika ITS juga dapat menyampaikan ke BTSI ITS akan kebutuhan perangkat lunak lainnya yang secara umum banyak digunakan. Sebagai tindak lanjut, pengadaannya, akan disesuaikan dengan prioritas dan alokasi dana pengadaan perangkat lunak berlisensi yang tersedia setiap periode.

Terakhir, Arief berharap, situs yang tidak lama dirilis tersebut bisa menjadi referensi tunggal bagi warga ITS dalam mengunduh software-software. Tujuannya, untuk menunjang berbagai kegiatan pendidikan di kampus perjuangan ini. (nul/fi)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 0 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :