webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










It is not how much money you make that ultimately makes you happy. It is whether or not your work fulfills you (anonymous)
Jalur Diploma ITS Makin Dicari
03 Agustus 2007 21:30:43
Program Diploma ITS semakin diminati calon mahasiswa baru 2007. Itu terlihat pada suasana pendaftaran program Diploma ITS di Plasa Dr Angka sehari setelah pengumuman SPMB. Beragam alasan muncul dalam memilih jalur pendidikan diploma. Selain karena gagal pada SPMB, pendaftar juga yakin dengan prospek kedepan lulusan diploma ITS
Plasa Dr Angka, ITS Online - Pemuda itu datang tergopoh untuk melihat daftar nama sekolah yang terpampang, sembari mengapit map yang berisi formulir ia berusaha keras untuk menghafal kode sekolahnya. Viktor hari ini (3/8) mencoba peruntungannya yang lain dengan mendaftar program D3 yang ditawarkan. “Saya mau ambil D3 Teknik Mesin mas!,” ujar Viktor mantap.

Viktor tidak sendiri, ratusan calon mahasiswa lain terlihat memenuhi Plasa Dr Angka dalam beberapa hari terakhir, mereka ingin mendaftar untuk mengikuti program D3 ITS. Viktor sendiri tidak mengikuti seleksi SPMB, dan ia mengaku seleksi D3 ini adalah satu-satunya harapan yang ia miliki untuk melanjutkan kuliah. “Kebetulan ada kerabat yang punya usaha di bidang mesin, jadi saya ambil saja D3 Teknik Mesin ini,” ujar Viktor menjelaskan tujuannya.

Berbeda dengan Viktor, Andri almamater SMK Semen Gresik ini mengatakan bahwa seleksi D3 ini merupakan usaha lain yang ia lakukan karena tidak lolos tes SMPB. Awalnya Andri mengikuti SPMB dengan pilihan pertama Teknik Mesin ITS, karena tidak berhasil Andri yang memang memiliki hobi utak-atik mesin ini mencoba peruntungannya dengan mendaftar D3 Teknik Mesin. “Saya cuman mau masuk ITS, karena lulusan ITS banyak yang dapat kerja enak,” ujar Andri.

Tapi tidak semua pendaftar yang hadir adalah calon mahasiswa sendiri, tidak jarang ada calon mahasiswa yang ditemani oleh keluarga saat mendaftar. Contohnya Nyoman yang mengantarkan anaknya mendaftar seleksi penerimaan mahasiswa D3 kali ini. “Anak saya mau masuk D3 Statistik, dia memang suka statistik sejak dulu,” ujar Nyoman. Tapi selain mengandalkan seleksi D3 ini, Nyoman telah mendaftarkan anaknya di sebuah unversitas swasta,”Untuk jaga-jaga mas,” ujarnya tersenyum.

Mukayat Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama Biro Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) ITS mengungkapkan sebenarnya ITS menjadwalkan pendaftaran program diploma berakhir Sabtu (4/8). "Namun karena melihat animo masyarkat akan program ini sangat banyak, ITS memberikan kebijakan bahwa pendaftaran akan diperpanjang hingga Minggu (5/8) sampai pukul 14.00," katanya. Pagu diploma III ITS tahun ini sekitar 600 kursi. Tahun lalu jumlah pendaftar hingga 1.300 peserta.

Setelah melakukan registrasi pendaftaran, peserta akan menjalani ujian masuk pada tanggal 7 Agustus mendatang. Materi ujian yang diujikan antara lain: matematika, fisika, dan bahasa Inggris. Dan hasil seleksi ujian akan diumumkan tanggal 9 Agustus.

Menarik Peminat Lewat Stan
Pemandangan lain menghiasi pendaftaran seleksi mahasiswa program Diploma adalah stan-stan yang dibuka oleh himpunan mahasiswa jurusan Diploma. Stan itu bertujuan untuk memberi informasi mengenai jurusan sekaligus ajang promosi jurusan.

Stan milik himpunan mahasiswa D3 Teknik Mesin misalnya yang menyajikan gambaran informasi kampus dan jurusan. Di stan tersebut para mahasiswa senior siap memberikan tentang segala sesuatu yang ditanyakan calon mahasiswa baru. “Kami berfungsi sebagai pusat informasi untuk mengetahui jurusan D3 Teknik Mesin lebih jauh,” ujar Harbud mahasiswa D 3 Teknik Mesin.

Lain halnya dengan stan himpunan mahasiswa D3 Teknik Sipil. Selain menawarkan ragam informasi mengenai jurusannya, stan D3 Teknik Sipil ini juga membuka lapak penjualan buku. "Lapak ini adalah inisiatif dari kajian jurusan kami,” Ujar Priambada ramah.(ap/m2/asa)
Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 24 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :