webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










It is not how much money you make that ultimately makes you happy. It is whether or not your work fulfills you (anonymous)
Inilah Tiga Calon Rektor ITS
22 Oktober 2010 14:35:18
Melalui perhitungan suara para anggota senat yang digelar Jumat (22/10), akhirnya terpilihlah tiga nama calon rektor. Mereka adalah, Prof Ir Priyo Suprobo M Sc Ph D, Prof Dr Ir  Triyogi Yuwono DEA dan Prof Daniel M Rosyid PhD M RINA. Salah satu dari ketiga nama tersebut akan dipilih secara langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof Dr Ir Mohammad Nuh.


Kampus ITS, ITS Online - Dalam pemungutan suara yang digelar di Gedung Rektorat tersebut, calon incumbent Prof Ir Priyo Suprobo M Sc Ph D unggul dibandingkan dengan calon lainnya. Dari total 104 suara senat, Probo memperoleh 60 suara. “Untuk nomer 3 Daniel memperoleh 3 suara dan nomor 5 Triyogi mendapatkan 39 suara,” ujar Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka, Sekretaris Senat ITS.

Sementara itu dua kandidat lainnya, Prof Ir Noor Endah MSc PhD hanya mendapatkan 1 suara dan Mochammad Hariadi ST MSc PhD tidak mendapatkan suara sama sekali. Tercatat, terdapat dua senat yang tidak hadir dalam pemungutan suara tersebut. “Sedangkan jumlah suara yang tidak sah tidak ada dan yang abstain ada satu orang,” imbuh wakil ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor (PPCR) ITS Surabaya.

Menanggapi keunggulan tersebut, Probo menilai dengan ekspresi biasa-biasa saja. Bagi pria kelahiran Klaten ini yang paling penting dari proses seleksi Pemilihan Rektor ini adalah prosesnya yang berjalan guyup dan lancar. “Yang terpenting ITS bisa puas dalam proses yang berjalan dengan baik. Toh semua hasil itu kan penilaian dari Senat,” ujarnya.

Sementara itu Prof Dr Ir  Triyogi Yuwono DEA memaparkan bahwa ketiga kandidat ini memiliki kans yang sama besar untuk terpilih menjadi Rektor ITS kelak. Senada dengan Probo, dosen Teknik Mesin ini lebih menikmati suasana proses pemilihan yang rapi, lancer dan guyup. “Kalau di penjaringan, saya yang unggul. Saat di senat Pak Probo yang unggul. Bukan tidak mungkin kalau yang terpilih jadi rektor nanti adalah Pak Daniel. Jadi kita menang satu-satu,” ujarnya sambil berkelakar.

Setali tiga uang, Prof Daniel M Rosyid PhD M RINA mengaku sangat menikmati proses penyisihan ini. Dosen Teknik Kelautan ini berharap proses selanjutnya tetap bisa berjalan dengan cantik dan menetapkan tujuan utama untuk ITS yang lebih baik. “Jadi untuk proses selanjutnya semuanya harus bisa menerima hasilnya,” ujar ketua Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI) ini.

Ketiga nama ini nantinya akan diserahkan kepada Menteri Pendidikan Nasional untuk dipilih siapa yang bakal menjadi Rektor ITS. Terkait lobi-lobi ke Mendiknas, semua kandidat sepakat menjawab tidak. “Pada tahap ini kita hanya bisa berdoa. Tidak pantas bagi kita untuk meminta-minta,” imbuh Daniel. (hoe/yud)


Kirim komentar Anda:
Jumlah komentar: 6 (Lihat komentar)

Nama :
Email :
Tanggapan :
Masukkan kode di atas (Not Case Sensitive)   :