webmail  
fmipa fti ftsp ftk ftif pasca sarjana pens ppns










Orang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan baik karakternya
Program Corporate Social Responsibility ITS
30 Juni 2008 13:29:12
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability. Dan, ITS akan me-launching program CSR, Eco-Campus, dan Program Hemat Energi ITS pada hari Kamis 10 Juli 2008, pukul 10.00 WIB bertempat di Medical Centre ITS.

Ada 61 komentar:

#1
ltmi (ltmisurabaya [at] gmail.com) pada 30 Juni 2008:
bagus sekali,mungkin kami dari ltmi (lembaga teknologi mahasiwa islam) dapat bergabung mengembangkan teknologi tepat guna dalam program CSR ITS ini dan mengaplikasikannya pada masyarakat
#2
janti gunawan (janti_g [at] ie.its.ac.id) pada 01 Juli 2008:
Bagus sekali pak idenya. Sebagai informasi, saat ini International Labour ORganisation punya program untuk mengurangi pengangguran kaum muda dan salah satunya adalah better link and match antara demand dan supply. Disnaker Jatim sedang dalam program revitalisasi Balai Latihan Kerja, dan industri di Jawa Timur yang akan dijadikan pilot untuk menyediakan lapangan kerja adalah sektor pertanian-industri pangan. Jadi mungkin kita bisa duduk bersama untuk mendefinisikan apa yang bisa ITS bantu utk pilot program ini. kebetulan saya jadi koordinator kegiatan pengembangan ekonomi daerah kerjasama ILO dengan pemerintah Jatim.
#3
Arief Wicaksono (onnosz [at] yahoo.com) pada 01 Juli 2008:
Wah, di ITS wacana CSR sudah sejak jaman baheula. Bahkan tahun 2007 kemarin, saya sudah punya ide tentang itu. dosen pembimbing saya, Ibu Dra. Agnes Tutie Rumiati, M.Sc pasti tahu akan hal itu. bukankah begitu Ibu??
#4
heru gunadi (heru.gunadi [at] philips.com) pada 01 Juli 2008:
Pak, dari kantor kami sedang mengembangkan program CSR bertemakan hemat energi. Mohon maaf, saya tidak bisa share disini dikarenakan masih bersifat project. Saya berminat untuk "link and match" dengan program yang dikembangkan oleh ITS. Mohon bisa menghubungi saya di 081574748181.Terima kasih.
#5
Ir Sarbini Wono MT (Caesaer_bin [at] telkom.net) pada 01 Juli 2008:
Saya minggu lalu melihat ditelevisi penemuaan bahan bakar alternatif dengan menggunakan ubi jalar(pohong) yang difermentasi untuk mendapatkan alkohol. Disekitar saya tinggal banyak penduduk miskin yang mempunyai lahan ubi jalar / pohong banyak. Bisakah saya mendapat proses penyampuran dan pemakaian alkohol / modofikasi kompornya ? . info ini kan saya teruskan pada bapak camat tempat saya tinggal agar disosialisasikan . terima kasih. sebelumnya.
#6
Soekarsono H (M--5) (soekarsono_h [at] telkom.net) pada 02 Juli 2008:
Dh,
Betul sudah banyak program dengan model sejenis yang dilaksanakan misalnya bapak angkat / binaan bagi UMKM atau pohon industri dari Deperindag, sayang hanya sesaat kemudian lenyap tanpa bekas.
Ada contoh yang baik; ketika muncul industri jamu air mancur, diusahakan agar tidak menggeser jamu gendong / tradisionil. Maka dibentuk kerjasama "koopetitif" dimana mereka berkooperatif dalam menanam / mengusahakan bahan baku jamu, tetapi tetap berkompetitif dalam mesasarkan produk masing-2 yang kebetulan punya pasar yang berbeda.
ITS sudah pasti bukan "profit entity" yang tidak mungkin sebagai penyandang dana dengan menyisihkan dana PNBK.
Oleh karena itu peran ITS terbatas hanya sebagai "dirigen" orkestra agar terjadi perpaduan yang harmonis antara yang tinggal perumahan Galaxy / Nirwana dengan yang tinggal kampung Keputih / Kejawan.
ITS sebaiknya membatasi diri terlibat pada "software" dan "infoware" saja, sementara "orgaware / humanware" dan "hardware" diserahkan saja kepada mereka agar cepat mandiri.
Maaf kalalu tidak berkenan.
Salam
SH
#7
nonot harsono (nonot [at] eepis-its.edu) pada 03 Juli 2008:
ITS membangun server-farm yang bisa dimanfaatkan orang banyak; di dalamnya di-isi dengan beragam content dengan segmentasi user yang beragam, misalnya anak SMU/SMK/MAN; mahasiswa; pencari kerja;peneliti; dsb. bahkan content utk pendidikan anak usia dini sbg bentuk nyata kepedulian ITS terhadap masalah pendidikan...Disitu ada tantangan bagi teman-2 FTIF
#8
arini (hjr_arini [at] plasa.com) pada 06 Juli 2008:
bagus banget,n aq setuju.
#9
Iwan Budhiarta, MT, RFP, CWM (iwan.budhiarta [at] yahoo.com) pada 07 Juli 2008:
Saya rasa ITS sebagai perguruan tinggi dengan 'basic value'-nya berupa Tridharma Perguruan Tinggi sudah cukup mengakomodasi konsep CSR. Jadi, jikapun ITS tetap melaksanakan program CSR, maka akan terjadi tumpang tindih antara salah satu konsep Tridharma PT, yaitu pengabdian kepada masyarakat, dengan konsep CSR itu sendiri. Terlebih lagi, program CSR sebenarnya dilaksanakan oleh perusahaan yang profit-oriented. Sehingga, jika ITS melaksanakan program CSR, maka dapatkah ITS disebut sebagai perguruan tinggi yang 'profit-oriented'? Sebagai peneliti dan praktisi CSR, saya sangat senang jika isu CSR sudah mulai direspon oleh semua pihak. Tetapi hendaknya disikapi dengan lebih efektif dan efisien. Jangan sampai mencampuradukkan antara sebuah kewajiban sosial dalam Tridharma PT dengan kepedulian sosial dalam konsep CSR. Malah sebaiknya ITS memposisikan diri sebagai 'perantara' bagi korporasi yang profit-oriented yang akan melaksanakan program CSR-nya. Mohon supaya program CSR yang baru diluncurkan ini benar-2 dipertegas programnya supaya tidak mengambil alih program Pengabdian Kepada Masyarakat yang sudah berjalan dengan baik. Sukses selalu buat ITS Tercinta. Bersama ITS kita wujudkan hidup lebih SEJAHTERA!
#10
M Iqbal G (qibul_pb [at] yahoo.co.id) pada 10 Juli 2008:
bagoeeeesss....
#11
belinda andyana (belindaandyana [at] yahoo.com) pada 12 Juli 2008:
It's a great program. And i think it's time for everyone to participate to ITS-CSR program.to collect the retail fund from us also, selling CSR coupons may be can be implemented. So we don't depend to other parties to join but we also able to create great program with our participation.Moment of Dies Natalies can be good to do it :)
#12
Hasyim Asy'ari (rengel_joss [at] yahoo.co.id) pada 14 Juli 2008:
Suatu saat nanti ITS akan menjadi sebuah solusi bagi Indonesia dalam pengembangan robotikanya
#13
Pamungkas (muhammad_ [at] chem-eng.its.co.id) pada 19 Juli 2008:
dari berbagai perusahaan yang menjalankan progaram CSR kategori berhasil tujuannya profit oriented dan branch perusahaan dikala pengembangan perusahaan yang dibarengi dengan peningkatan kwalitas yang saling mengutungkan.bukannya sebagai institusi perguruan tinggi ITS pasti mengemban tridarma yang disitu tentunya CSR secara otomatis masuk kedalam tujuan dari CSR.saya berpendapat untuk mempertegas program yang akan dilouncing ITS nanti diperjelas batasan dan target yang diharapkan sehingga nilai outputnya bisa walhasil baik tidak sekedar projeck program sang pemegang kepemimpinan.jika ITS terdiri dari element Dosen,Mahasiswa,dan karyawan setidaknya CSR nanti bisa mengakomoder dan melibatkan elelment tersebut sehingga Csr merupakan tanggung jawab kita bersama bukan sekedar mereka yang di meja.jika lebih fokus saya setuju konsep Corporate Social Responsibility membawa mereka elemen ke masyarakat yang aplikatif dan relevan kemudian sebagai perantara mereka perusahaan good company yang mempunyai program CSR ke masyarakat range 1,perpaduan yang bisa mengakomoder stageholder merangkul semua untuk tujuan yang lebih baik.
#14
paijo 1 (paijo1 [at] its.ac.id) pada 28 Juli 2008:
oo.. paijo to ternyata.. :)
#15
rofiq (cepot_ae [at] yahoo.co.id) pada 15 Agustus 2008:
goooooooooooooooooood
#16
Nashrullah (put_r4_04 [at] plasa.com) pada 22 Agustus 2008:
Program energi ini memang sangat bermanfaat, hanya saja masih kurang efektif
#17
riski (rizky_yauken [at] yahoo.co.id) pada 03 November 2008:
doakan Q supaya bisa masuk di Its
#18
amri latief (latiefamri [at] gmail.com) pada 06 November 2008:
Kesulitan kami dalam memproleh tempat pada penawaran buku bagi kami adalh yang sangat urgen sebagai marketing buku,
akan halnya jika kami memperoleh tempat untuk kegiatan usaha kami dalam CSR maka dengan sendirinya kami langsung udah punya chanel ke lingkungan ITS
Maka jika berkenaan kami bermaksud mengembangkan mengajukan permohonan untuk menjalin kemitraan dengan ITS.
#19
LIA (ZERO_ZEA [at] YAHOO.COM) pada 07 Desember 2008:
PROGRAM DARI ITS SEMAKIN BERKUALITAS DARI TAHUN KE TAHUN
#20
rukyat (rukyat_s [at] yahoo.com) pada 08 Desember 2008:
setuju pak, kalo bisa implementasinya di masyarakat sekitar kampus dulu
#21
HASRATUL HASFA RILA (Hasfa_Rila [at] yahoo.com) pada 13 Desember 2008:
assalamuaikum.info ttg pmdk its pa ja ya .. ?trus, persyaratannya apa aja ?klo da info itu semua, tolong saya di beri info .terimakasih.
#22
C.Totok Agung (caturt.agung [at] krakatausteel.com) pada 30 Januari 2009:
Program CSR ITS, harus dapat diimplementasikan lebih komprehensif, tidak sekedar pada ring 1. Bagaimana CSR ITS dapat mengemban visi, misi dan values perguruan tinggi, dgn menitik beratkan pada role model yang dapat menumbuhkembangkan organizational capabilities utk mendorong semangat value creation process dan berinovasi pada stakeholder, sehingga bukan hanya sekedar mengimplementasikan program CSR, namun hrs mampu mencetak generasi yg inovatif. Jangan seperti program BLT
#23
nestoriko (nestoriko [at] gmail.com) pada 02 Februari 2009:
CSR ini produk dari ITS PT BHP...ITS PT BHP merupakan produk dari Pasal 53 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional(baca:http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=8
#24
ifan (ifan_plano03 [at] yahoo.com) pada 17 Februari 2009:
saya sangat tertarik sekali dengan community development, termasuk juga CSR, saya sangat berminat sekali tergabung didalamnya, bagaimana caranya??trimakasihifan (085641257631)
#25
komang bangkit lesmana (bangkit_odho [at] yahoo.com) pada 18 Februari 2009:
bagus lo
#26
didit (charmingdietz [at] ymail.com) pada 13 Maret 2009:
What a nice program!!!!!!!!
#27
hidayaturahman (kaconggood [at] arch.its.ac.id) pada 16 Maret 2009:
CSR gak punya call center ya?. kalo mau nanya nanya lebih jauh ngubungin sapa?. terimakasih
#28
Depra Anugroh Sendiko (gatel_dikukur [at] yahoo.com) pada 09 April 2009:
kpn pembukaan formulirnya?...
#29
jhon hardy (lpbwaru [at] yahoo.com) pada 14 April 2009:
CSR pada dasarnya bukan program lembaga kepada stakeholdernya akan tetapi program hati sdm lembaga tersebut kepada stakeholdernya. Kampus,perusahaan,lembaga pemerintah dll, akan berhasil menjalankan CSR jika dan hanya Jika SDM didalamnya adalah pelaku CSR itu sendiri. Seperti pengalaman kami selama ini, keberhasilan program bukan karena tim kreatif penyusun program itu tapi karena peran dari pelaku program tersebut. Sekian terimakasih

ttd
Jhon lpb astra waru
#30
AGNES PRADITA SARI (dita.agnes [at] yahoo.com) pada 15 April 2009:
cukup baguuuusfasilitasnx memadai
#31
Edy Suprayitno (edy_supra [at] its.ac.id) pada 23 Juni 2009:
Bapak Arman, yth.
CSR Program ini merupakan suatu yang sangat bagus bagi ITS secara institusi(image) dan juga masyarakat sekitar akan mendapat nilai tambah atas kontribusi ITS. Masyarakat dapat lebih diperdayakan melalui program ini. Kami sebagai pustakawan tertarik sekali dengan program ini dan mungkinkah kita berbagi serta bergabung dengan tentu saja kami akan melakukan sesuai dengan apa yang kami miliki, yaitu pemberdayaan masyarakat dengan membangun taman baca bagi masyarakat keputih, misalnya.
Demikian urun rembuk kami, terima kasih
Sukses selalu.
#32
Phat (phatmc [at] yahoo.com) pada 26 Juni 2009:
Program CSR sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial ITS pada masyarakat ini sangat baik dan bermanfaat sekali. Kedepannya implementasi CSR tidak hanya di kawasan keputih dan sekitarnya saja, tetapi ke kawasan lain yang masyarakatnya membutuhkan dan sesuai dengan sasaran program-program di CSR ITS.
#33
LATIF (UYTYHTT [at] yahoo.com) pada 01 Agustus 2009:
mantap
#34
muryono (muryono [at] bio.its.ac.id) pada 04 Agustus 2009:
Salam kenal,..
Saya adalah salah satu pengajar di Departemen Biologi ITS, saya mengomentari perihal CSR program,..yang sudah berjalan,..sebagaimana wacana saya berkehendak untuk melakukan beberapa pelatihan /pendayagunaan perihal optimalisasi lahan di areal disekitar/didalam kampus ITS, ...karena saya melihat ada beberapa lahan yang telah ditanam Padi, dan jika memang dalam jangka panjang akan seperti itu saya menawarkan beberapa teknologi pertanian yang berkaitan dengan peningkatan produksi,... hal ini tidak menutup kemungkinan terhadap budidaya yang lain,....

Sekian saja dari saya, mohon timbal baliknya,
#35
Marta Agung B (budhie19 [at] yahoo.com) pada 27 Agustus 2009:
Saya sangat kurang sepakat apabila konsep CSR yang dilaksanakannya hanya untu mengamankan core bisnisnya sendiri. Itu sebenarnya memang kwajiban pengusaha untuk mengamankan supply bahan mentahnya. Trus untuk masyarakat yang di luar itu bagaimana??
#36
reza (rezanuridzat [at] yahoo.co.id) pada 02 November 2009:
apakah pendaftaran di its membutuhkan biaya yang banyak
#37
haha hihi (asd [at] asd.asd) pada 28 November 2009:
tes
#38
Moh. Anwar (hom.anwar [at] yahoo.com) pada 10 Februari 2010:
Menarik sekali makalah terkait program CSR pada beberapa perusahaan, misalkan PT Astra INternational, PT. UNilever dan lain sebagainya. Hal penting yang perlu diwacanakan adalah komitmen perusahaan dalam program CSR dimaksud. Sebagaimana hakikat CSR sesungguhnya adalah tanggungjawab moral maupun sosial masyarakat perusahaan terhadap aktivitas kegiatan yang dilakukan. Masyarakat sekitar harus diupayakan seoptimal mungkin dapat menerima manfaat dari program tersebut, tidak hanya menerima dampak (selama ini terjadi)dari kegiatan perusahaan. Saya sependapat bahwa Program CSR harus diarahkan untuk memberdayakan masyarakat setempat karena itu kegiatan-kegiatan program CSR harus ada LInk and match antara kegiatan dengan kebutuhan perusahaan sehingga tepat sasaran serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program CSR dalam menentukan kegiatannya harus menyertakan keterlibatan semua pihak unsur pemerintah, swasta, PT maupun komponen masyarakat mulai Kepala Desa, Tokoh masyarakat/Ulama/yang dituakan dan lembaga swadaya masyarakat. Hal ini untuk menggali dan menampung aspirasi masyarakat sesuai dengan kebutuhannya jadi participatory base program.Pada beberapa Kab/Kota dana CSR belum diserahkan kepada Daerah dan langsung diserahkan kepada Masyarakat setempat biasanya dalam bentuk paket sembako, untuk kegiatan sunatan massal, rehab sekolah/masjid atau yang lainnya. Untuk itu memang dana CSR yang potensial sekali dan talh diatur undang-undang untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus dikelola dan atur secara baik dan berdaya guna sehingga "link and Match" dapat terpenuhi...semoga
#39
jhon hardy (7hon.hardy [at] gmail.com) pada 21 Februari 2010:
CSRTidak ada kata terlambat dalam melakukan sesuatu yang baik, ITS kendati sudah setengah abad berumur namun baru sekarang mengenalkan atau mencatatkan program CSR dalam ranah kebijakan kampus, siip..bagus..bisa dilanjutkan :sharing ideKami siap menjadi counterpart CSR ITS, hanya saja yang perlu digaris bawahi adalah jika ITS ingin CSRnya tidak sekedar program dan ingin berhasil menjadi contoh bagi semua kampus di Indonesia kuncinya satu menurut saya, semua warga ITS harus berperilaku CSR, mulai dari Rektor samapi dengan tukang sapu harus memiliki jiwa SCR...keterangan lebih lanjut kami siap diskusi untuk itu..Jhon HardyKoordinator CSR Astra-BCA_PertaminaWilayah Jawa TimurSub Sektor UMKM
#40
sder (saew [at] yahoo.com) pada 22 Februari 2010:
seffgrtgthg
#41
rena (situmorang_rena [at] yahoo.com) pada 26 Februari 2010:
kenapa ayam jago punya ekor panjang ??????apa kata dunia ?????
#42
Zumaroh (Zumaroh_maniez [at] yahoo.co.id) pada 07 Maret 2010:
Saya sangat setuju dengan adanya CRS
#43
victor rizal (victor.filosofi [at] gmail.com) pada 16 Maret 2010:
Go..go..goLanjutkan eea ^^
#44
imam syafii (imam_s [at] its.ac.id) pada 20 Maret 2010:
Salut untuk rancangan Program CSE ITS. Barangkali yang perlu dipikirkan adalah pengembangan sekolah di sekitar ITS, khususnya dalam Program Internet Masuk Sekolah, terutama SD. Insyallah bermanfaat dalam upaya pengembangan pendidikan berbasis IT.
#45
Artha Pradyta (arthapradyta168 [at] gmail.com) pada 16 April 2010:
Go...Go... CSR... Lanjutkan demi masa depan bangsa!!!!!!!!!
#46
nono sutrisno (nana.sutrisna41 [at] yahoo.com) pada 30 April 2010:
alhamdulillah kalau kita sekarang ini sudah pada mau mikirin tentang keadaan orang lain tetapi apakah kita tau bahwa yang kita sudah berikan tidak mengalami hambatan atau masalah,apakah kita juga sudah memberikan mereka tenteng bagaimana menghadapi masalah yg mereka alami,peduli mmg baik tetapi lebih baik lagi kalau kita juga sudah siapkan ttg jawaban atas masalah yg akan timbul.saya punya program tetapi ada kendala dengan sponsor ,program saya hanya untuk mereka yg berpenghasilan dibawah 500rb/bulan dan mereka akan kami bina sampai mereka bener-bener bisa jalan tanpa ketergantungan lagi dengan kita ,lebih jelas bisa kontak saya ok saya tunggu wasalam/
#47
arifin nur.m (arifinnur [at] jogjakota.go.id) pada 20 Mei 2010:
Kami inginmembuat tempat pemberdayaan masyarakat di kampung kamiyang berbentuktaman bacaan serta kelompok bermain..apabila akan mengajukan proposaluntuk bantuan pembiayaan,apakah CSR lembaga ini dapat memberikan solusi,kami bersedia presentasi serta di tinjau langsung oleh lembaga ini untuk melihat progress kegiatan kami.Terima Kasih atas perhatiannya
#48
MARSUDI (umars38 [at] yahoo.co.id) pada 28 Juni 2010:
sangat setuju sekali
#49
riswan (riswan.sst [at] gmail.com) pada 30 Juni 2010:
Kepada
Yth. Ir. Arman Hakim Nasution,M.Eng.
di tempat

Pak, setelah saya membaca artikal bapak tentang "Program CSR ITS", di internet,maka saya terketuk hati saya untuk mengaplikasikan konsep CSR, nah yang menjadi pertanyaan saya adalah :
1. Apa bisa dan boleh konsep CSR diterapkan pada
birokrasi pemerintah, dan dasar hukumnya apa?
(Karena instansi saya adalah panti sosial milik
kementerian sosial RI di Bogor)
2. Kalo di pemerintahan apa nama lain dari CSR?kalo
tdk salah CSR adalah hanya di perusahaan profit
oriented.

Sekian dan terima kasih, mohon kiranya bapak memberikan pencerahan bagi saya untuk saya jadikan dasar dalam perencanaan anggaran tahun 2011.
#50
merina (merinalanday [at] yahoo.com) pada 02 Juli 2010:
mantab dan laksanakan
#51
taufik (taufikt819 [at] gmail.com) pada 23 Desember 2010:
saya cuma pengen cari program untuk Tugas Akhir ( TI )
#52
BAGUS (bgzrdl [at] gmail.com) pada 05 Mei 2011:
Saya sebagai alumni ITS melihat (terutama daerah Kejawan Putih Tambak-Keputih) keberhasilan pendidikan anak2nya sangat rendah, sehingga saya masih menjumpai anak kelas 5 SD negeri masih belum bisa baca dan hitung..secara mandiri saya bersama teman2 membuat les2an gratis buat mereka. tapi tidak mampu bertahan lama akibat kekurangan staf pengajar. Ketika saya ditanyai oleh mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat "kampus sebelah", bukankah ini Ring 1 ITS??saya jawab ya..Trus??Y, Saya berharap ada program ITS yang JUGA secara LANGSUNG bisa bermanfaat bagi mereka selain yang sudah ada...
#53
Murtiono (tioonakmal [at] gmail.com) pada 10 Juni 2011:
Bisakah desa kami melakukan CSR dengan ITS dalam hal perbaikan fasilitas umum. caranya bagaimana ?
#54
Niswa (niswatus10 [at] mhs.matematika.its.ac.id) pada 16 November 2011:
Saya niswa, salah satu mhs di ITS. Apakah sampai saat ini CSR di ITS masih berjalan?
Kemudian, Apakah program yang dilakukan mahasiswa untuk Pengabdian pada masyarakat juga dibantu?
Kalau memang iya, apa bentuk bantuaanya?
#55
tamu (tamu [at] pu.go.id) pada 03 Agustus 2012:
bagus beritanya :D
#56
ainun nadlif (nadlifits [at] yahoo.com) pada 05 September 2012:
semangat ITS dalam membangun bangsa melalui CSR semakin berkah
#57
Siswoyo (siswoyo [at] kupubuku.org) pada 31 Desember 2012:
Salam,
Bagaimana perkembangan program konversi air payau menjadi air tawar?
Hasil program tersebut sangat bermanfaat bagi warga desa kami di Banyuwangi pesisir selatan.
Terima kasih.
#58
MUTAQIN (nmuttaqin81 [at] yahoo.co.id) pada 30 April 2013:
pak kami smk swasta jurusan TKJ, bisakah mendapatkan CSR dari ITS atau bagaimana kami dapat bekerjasama agar siswa kami mendapatkan uji kompetensi dari ITS, trima kasih
#59
harsono hadisumardjo (harsono.hadisumarjo [at] gmail.com) pada 21 November 2013:
aswrwb,
csr pendidikan, program yang amat baik dari perusahaan, bisa menjaga company image dan meningkatkan potensi sekolah dan siswa, sekalipun kecil tetapi kalau terus dilakukan akan membawa dampak besar, alhamdulillah,
salam
harsono hadisumardjo, program doktor administrasi pendidikan upi, bandung
#60
harsono hadisumardjo (harsono.hadisumarjo [at] gmail.com) pada 21 November 2013:
aswrwb,
csr pendidikan, program yang amat baik dari perusahaan, bisa menjaga company image dan meningkatkan potensi sekolah dan siswa, sekalipun kecil tetapi kalau terus dilakukan akan membawa dampak besar, alhamdulillah,
salam
harsono hadisumardjo, program doktor administrasi pendidikan upi, bandung
#61
eha hasni wahidhani (ehahasni_wahidhani [at] yahoo.com) pada 04 Desember 2013:
senang sekali kalau kampus bisa melaksanakan CSR walau hanya sebagai pendamping perusahaan. Cuma sepertinya belum banyak Perguruan Tinggi baik negeri maupunb swasta melaksakan program CSR yang berkelanjutan